Anakku adalah guruku


kubaca sejenak status facebook istriku tercinta. Singkat namun dalam maknanya. Ia mungkin tidak tau aku membaca apa yang ada dalam fikirannya di facebook yang isinya (copypaste)

anakku adalah guruku, bersamamu ku belajar untuk sabar, memanfaatkan waktu luang,menjaga lisan dan yang terpenting senantisa bersyukur.

Termangu aku, tak disadari ternyata begitulah seharusnya sebagai orang tua yang baru seperti aku. Sebagai seorang ayah, aku harus banyak belajar. Tidak ada cara lain untuk belajar menjadi seorang ayah, kecuali memprakterkkannya. (susah di eja).

Seperti aku ingat dulu, pesan dari guruku, tak ada cara lain untuk belajar menjadi seorang suami, melainkah dengan pernikahan.

Kembali ke status topik semula, Anakku adalah guruku? Bagaimana bisa seorang anak menjadi seorang guru, sedangkan dia saja untuk hidup masih memerlukan orang tuanya, memberinya makanan, menjaganya agar tertidur ketika mengantuk, sakit, dan lainnya. Hampir 99 % kehidupannya masih membutuhkan orang dewasa di sekitarnya. (anakku baru 14 bulan).

Bagaimana ia bisa menjadi guru? jawabannya gampang saja. Anak sekecil dia butuh dilayani, ketika ia menangis, terjatuh, terisak tanpa jelas apa yang di inginkannya, mengganggu tidur malam, ingin di ajak bermain, mengejar kucing.. saat itu sebagai orang tua, tak ada sikap lain, kecuali sabar. Sabar yang harus terus di perbaharui, tanpa memandang waktu. harus ada setiap waktu. Ia ternyata mengajari orang tuanya untuk sabar.

Memanfaatkan waktu luang. Berapakah waktu luang orang tua yang dimiliki untuk anaknya? Seharian penuh mungkin seorang ayah bahkan mungkin ibunya bekerja. Namun ketika ada di rumah, mungkin sang anak sudah tertidur lelap. Dan ketika pagi orang tuanya lagi-lagi sudah tidak disampingnya. Dan ketika waktu luang tersedia, mungkinkah waktu itu diluangkan maksimal untuk sang anak?

ah.. banyak sekali pelajaran yang bisa di ambil. tak cukup aku menuliskannya lagi. (saatnya memanfaatkan waktu luang bersamanya).

terimakasih anakku, engkau guruku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s